Home | Follow Me on Twitter | Our Facebook

Tips agar tetap Energik selama Bulan Puasa

Tips Puasa di bulan Ramadhan atau tidak makan dan minum selama 12 jam di bulan Ramadan bukan berarti Anda tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Selama menjalankan ibadah puasa, jumlah asupan makanan berbeda dengan energi yang dikeluarkan.


Agar tak kehabisan energi selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan ada beberapa kiat agar tubuh tetap fit selama berpuasa seperti dikutip dari Daffodil. Di bawah ini adalah tips-tips puasa di bulan Ramadhan

Niat
Motivasi atau niat menjalankan puasa ternyata berpengaruh pada kondisi tubuh melalui pusat pengatur di otak. Kadar asam lambung orang yang berniat puasa lebih rendah daripada orang yang kelaparan hingga lebih sanggup menahan lapar hingga saat berbuka.

Asup menu bergizi
Konsumsi menu bergizi saat sahur dan berbuka sebagai sumber energi di siang hari. Jangan lupa asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral seimbang dalam setiap menu.

Makan sahur
Sahur berfungsi sebagai cadangan energi dalam aktivitas keseharian. Tidak sahur meningkatkan risiko terjadinya penurunan gula darah yang menyebabkan tubuh cepat lesu, loyo dan mudah marah.

Perbanyak minum air putih
Sejak berbuka hingga masuk sahur, banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Ini memberi tubuh waktu untuk menampung dan mengonsentrasikan cairan tubuh bagi keperluan saat menjalankan puasa.

Hindari makanan dan minuman terlalu banyak gula
Makanan dan minuman yang terlalu manis memicu tubuh memproduksi insulin dan cepat menimbulkan rasa lapar, lemas dan lesu. Saat makan sahur, perbanyak protein dan serat yang bertahan lebih lama dibanding jenis makanan lainnya.

Segera berbuka puasa pada waktunya
Pada saat berbuka awali makanan atau minuman hangat dan manis, seperti kolak atau kurma. Tetapi hindari minuman yang terlalu manis seperti soda atau minuman yang terlalu dingin karena akan membuat perut kembung. Setengah hingga satu jam kemudian, santap makanan secara bertahap agar tidak membebani pencernaan. Perbanyak buah dan sayuran.

Berolah raga ringan-sedang
Salah satu penyebab cepat lelah saat puasa adalah berolahraga di pagi hari. Namun, berolahraga ringan 1-2 jam sebelum berbuka meningkatkan vitalitas dan kebugaran.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut
Saat menjalankan ibadah puasa, kegiatan makan dan minum di siang hari berhenti total. Sehingga, produksi kelenjar air liur berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karenanya, dianjurkan segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Dan tetaplah tersenyum :)

Semoga Bermanfaat
(Dikutip dari Viva News)

Walaupun MisterXWebz tidak menjalankan Ibadah Puasa, tetapi dengan rasa hormat kepada semua teman-teman blogger seluruh Indonesia, dan pembaca setia MisterXWebz blog, mengucapkan :

"SELAMAT MENUNAIKAN 
IBADAH PUASA"
Semoga diberi kekuatan 
dan keikhlasan yang dari 
Tuhan Yang Maha Esa"

With Smile,
MisterXWebz 

Related Post:

19 comments:

  1. Joko says:

    "Walaupun MisterXWebz tidak menjalankan Ibadah Puasa, tetapi....."

    Kata-kata itu terasa sejuk saat saya membacanya, Mister. Terima kasih untuk kata-kata ucapan dan tipsnya. Hem, Saya, kok malah belum mengucapkan Selamat Berpuasa di blog saya. He2.

  1. SaputraMZ says:

    Wah makasih tips & triknya bro... sungguh sangat toleransi antar sesama umat beragama. makaci-makaci MisterXWebz.

  1. subagya says:

    yang penting niat dan bisa menahan hawa nafsu

  1. MisterXWebz says:

    @All Thank's kunjungan .. sekali lagi selamat menjalankan ibadah puasa :D

  1. Terima kasih link saya sudah di pasang mas...

    tapi kalau bisa anchor text nya "free download software" aja mas..

    maaf kalau merepotkan,,
    sekali lagi terima kasih..

  1. Unknown says:

    hahahaha...mba Desi Puspitasari...impas sudah utang piutang kita..lap yu tuuuu...mba desi ....hahahahah ...senjata makan tuan euy

  1. ocy says:

    siibh,,,,
    cocok buat ane

  1. indra says:

    assalamualaikummm....
    kok vacum kyknya??

  1. MisterXWebz says:

    @free download ... ada mametnya lebih mak nyus xixixixii...
    @ocy ... thanks brader
    @Indra... Enggak ndra lagi M (Malez mode on) xixixiix....
    Thank you all of my bruder ..... !!!

  1. This comment has been removed by a blog administrator.
  1. Beben Koben says:

    met lebaran yah sobbb...

  1. MisterXWebz says:

    @7292927651123099360.0
    Kang beben lahir bathin ya...

  1. Mister mana donk postingan terbarunya ..g sabar nehh pengen liat artikelnya....xixixixi

  1. Beben Koben says:

    blon update lagih sob, saya jg nih dah mentok cari2 bahan euy...heuheuheuheuhue

  1. Unknown says:

    knp sob udah malas update blog u....hahhahahaha

  1. Beben Koben says:

    blon uptodate sob???
    hihihihi :D

  1. tipshot says:

    Bagus juga artikelnya, komentar juga ya di blog saya : www.tipshot.blogspot.com

  1. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web blog saya www.when-who-what.com

  1. hahaha,,,,walau sekarang bukan bulan ramadhan lagi tapi tips itu juga berguna buat sehari-hari,,hihi,,aplagi yg terakhir,,tersenyumm,,,
    :)

Leave a Reply

Bro and Sist Tulisan diatas jauh dari sempurna, Hanya Komentar saran dan kritik membangun dari Bro & Sist yang bisa menyempurnakan. Jika anda tidak memiliki blog, gunakanlah Name & Url, Isi dengan Profil Facebook/Twitter, sehingga saya bisa menyapa anda Thanks

POPULAR POST

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Comments




blogarama - the blog directory blog-indonesia.com Bloggerian Top Hits Blogger Topsites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog search directory Aplikasi java, software komputer, Opera mini, Bolt, Tip dan triks Hobbies Blogs - Blog Rankings The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Blog Directory & Search engine Top Show all blogs Free Automatic Backlink Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Links
RSSMicro FeedRank Results


free counters

Leave The Massage







Download MP3

Friends Update List