Home | Follow Me on Twitter | Our Facebook

Awas !!! Akun YM, Facebook, Email anda di bajak

hacker

Pagi tadi Mister membaca surat kabar harian, berita tentang pembobolan akun YM milik Artis pemain film Jajang C. Noer. Sedikit kutipan surat kabar tersebut :

Penipuan yang menggunakan YM dan FB Jajang terjadi pada Kamis 27 Mei 2010. Saat itu beberapa temannya menelepon untuk menanyakan kabarnya. Jajang kaget karena kawannya mengaku sudah mengirim uang untuk biaya operasi Jajang. Transfer uang dilakukan setelah temannya mendapat kabar sakitnya Jajang melalui hubungan chatting lewat YM dengannya.

Sediktnya ada 20 orang menanyakan kondisi Jajang. Salah satunya Butet Kertaradjasa, yang mentransfer Rp 2 juta. Ada yang sudah mengirim, namun ada yang mengonfirmasi dulu secara langsung kepada Jajang sehingga batal mengirim. Atas informasi itu, Jajang kemudian melapor ke Polda Metro Jaya Kamis malam pukul 21.00 WIB. Jajang mengaku sudah mengganti password YM-nya.

Melihat kasus di atas sistem keamanan dunia maya sudah mulai dirasakan tidak aman, Tetapi aman dan tidak amannya kondisi akun kita, Kita sendiri juga berperan besar dalam pengamanan akun tersebut. Bermacam-macam cara seorang "hacker" melakukan pembajakan, salah satunya menggunakan keyloger, Menurut Wikipedia Keylogger adalah:

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Bukankah setiap akun yang kita miliki berawal dari Email?, Di bawah ini ada beberapa tips dari Mister untuk keamanan akun anda, terutama bagi anda pengguna warnet, karena warnet adalah tempat paling "subur" untuk melakukan pembajakan akun :

  • Untuk pembuatan password akun email, usahakan menggunakan kombinasi angka dan huruf, contoh : pass452word, mist3rxw3b2, dikarenakan ketika kita hanya menggunakan huruf / angka saja, kemungkinan besar password anda akan sangat mudah di hack.
  • Setelah pemakaian akun, baik YM, Facebook, Email atau akun lainnya Selalu lakukan "Logout" / "Signout".
  • Usahakan email yang digunakan untuk login akun anda jangan sampai terpampang di monitor (contohnya di profil facebook, friendster, dll kalau bisa disembunyikan) karena berawal dari email, semua akun anda bisa dibobol.
  • Setelah anda selesai memakai internet di warnet, hapus History dan Coockies di browser, sehingga setiap website yang anda kunjungi akan terhapus, termasuk akun-akun yang anda gunakan.
  • Dan yang jelas jangan pernah anda beritahu password anda kepada orang laen xiixiixii... (gila apa ya dikasih tau ke orla).

Ok,cukup deh, saya yakin anda juga ada tips-tips lain yang lebih hebat dari tips-tips mister di atas, untuk itu penambahan dari artikel anda sudah tersedia di kotak komentar di bawah ini.

Piss...!

Related Post:

11 comments:

  1. syahida says:

    Sory, shob ... koneksi lagi lemooot banged. tuk buka ini aja ...wiih lama skali ...
    bdw tipsnya bagus tuk keamanan macam-macam akun, biar gak dibajak orang laen. sukses buat anda..

  1. MisterXWebz says:

    @5805708525195543252.0
    hehehe karena ninggalin komen kan berarti kamu ninggalin link kamu di sini, jadi mbah gugle nambah 1 poin bwt kmu,,,
    sukses juga bwt kmu ... :D

  1. Anonymous says:

    Untuk pencurian data password melalui keylogger, saya pernah baca ada trik untuk menangkalnya. Tip dan Triknya sangat sederhana. Katanya keylogger merekam tut-tut keyboardnya kita secara runtut berdasarkan history waktu pengetikkan huruf dan angka yang pernah kita ketikkan di komputer.

    Untuk menangkalnya agar dikecoh dengan mengetikkan huruf-huruf secara acak disela-sela kita mengetikkan huruf dan angka password akun kita secara bergantian ke jendela aplikasi yang lain seperti notepad misalnya. Nanti hasil rekam keylogger akan sulit dibaca oleh si pembobolnya.

  1. Rinda says:

    Test test,,,koment g muncul @_@?

  1. om_rame says:

    terima kasih sob atas informasinya, sangat bermanfaat.
    memang penting sekaLi untuk menjaga keamanan dari privasi yang kita miLiki.

  1. MisterXWebz says:

    @467551048938566246.0
    Iya sih mas, tapi apakah kita ya sempat kepikiran pas di warnet hehehehe...

  1. MisterXWebz says:

    @2773480185862264917.0
    Muncul misss.... :D

    l
    l
    V
    with smile
    MisterXWebz

  1. Unknown says:

    betul juga sob...klo gitu aku g akan kasih lg alamat email k orang lain ..apalagi paswordnya...xixixixi
    tp aku pernah g bisa FB selama 3 hari..tp g tau knp tiba2 bisa di buka lg....bagus tuh sob infonya...udah aku praktekan

  1. MisterXWebz says:

    @3891901404616347764.0
    Makasih om rame ...

  1. MisterXWebz says:

    @6376530187929652564.0
    wokeh sob.. kecuali bukanluna, wkwkwkwk...

  1. @diptara.com saya ambil yah tips untuk menangkal keyloggernya untuk dipostingan saya.. hehehe.. sumber dicantum kok..

Leave a Reply

Bro and Sist Tulisan diatas jauh dari sempurna, Hanya Komentar saran dan kritik membangun dari Bro & Sist yang bisa menyempurnakan. Jika anda tidak memiliki blog, gunakanlah Name & Url, Isi dengan Profil Facebook/Twitter, sehingga saya bisa menyapa anda Thanks

POPULAR POST

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Comments




blogarama - the blog directory blog-indonesia.com Bloggerian Top Hits Blogger Topsites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog search directory Aplikasi java, software komputer, Opera mini, Bolt, Tip dan triks Hobbies Blogs - Blog Rankings The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Blog Directory & Search engine Top Show all blogs Free Automatic Backlink Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Links
RSSMicro FeedRank Results


free counters

Leave The Massage







Download MP3

Friends Update List