Home | Follow Me on Twitter | Our Facebook

Cara Upgrade OS Blackberry Versi 5 ke 6

Bagi anda pengguna BlackBerry® Bold™ 9700, Curve 9300, Curve 9330, Tour 9650, Pearl 9100 yang masih menggunakan OS versi 5.0, saya akan bagikan Tips dan Cara Upgrade OS Blackberry menjadi versi terbaru yaitu Versi 6.0.

OS Blackberry 6.0 adalah versi terbaru yang diluncurkan oleh Research In Motion, dengan keunggulan sebagai berikut :

  • Navigasi yang lebih mudah, panel aplikasi di Home Screen yang bisa diatur sesuai keinginan kita.
  • Pengalaman browser terbaru versi 6, dengan fitur tab, sehingga kita bisa membuka beberapa situs.
  • Universal Search, memungkinkan bagi kita untuk mencari aplikasi, file atau apapun yang ada di dalam device anda.
  • Social Feed, Dapatkan update dari Social Networking Anda dan RSS feed di satu tempat. Feed anda diperbarui secara otomatis-Anda tidak perlu melakukan apapun. Untuk memperbarui status Anda, ketik sekali dan kirim ke satu, semua atau pilih jaringan.

Ok, untuk menyingkat waktu saya akan berikan tips dan cara Upgrade OS Blackberry.

Pertama-tama Download Software-software yang kita perlukan :
  • Device Software OS 6, bisa download di sini
  • Bbhybrids-tool, bisa download di sini  Digunakan untuk mengkompres OS.
  • BBsak bisa download di sini. Digunakan untuk Wipe Device (mengosongkan device sebelum diupgrade)
  • Blackberry Desktop Manager bisa download di sini digunakan untuk membackup data-data penting yang kita miliki, seperti kontak, PIN BB dan lain-lain.
Setelah semua software di atas kita miliki, Install satu-persatu di komputer kita.
Sebelum kita upgrade, hal penting yang harus di lakukan adalah membackup semua data-data yang kita miliki di dalam perangkat Blackberry kita, dikarenakan setelah proses upgrade kita akan kehilangan semua data, dan tidak bisa dikembalikan :D.
 
Cara Backup data-data lihat gambar di bawah ini:


Khusus untuk PIN BBM, kita harus backup melalui Aplikasi BBM kita, masuk ke Option --> Backup --> Back up files locally, dan beri nama yang mudah diingat. Setelah dirasa semua terbackup dan aman. Kita lanjutkan langkah-langkah Upgrade:

Setelah ke-4 sowftware di atas kita install, buka eksplorer di C://Program/Common Files/Research In Motion/AppLoader cari file vendor.xml dan hapus file tersebut.

Langkah pertama kita akan mengkompres OS 6, istilah kerennya Shrink OS, Buka BBhybrids-Tool, dan pilih (centang) option-option yang tidak kita butuhkan, perlu diperhatikan, yang dicentang berarti yang kita buang. Pilih device sesuai denga type Blackberry anda, kemudian Browse di mana OS tersebut. Setelah itu klik Shrink My OS! Perhatikan gambar di bawah ini:


Perhatikan beberapa lingkaran merah di atas, Pilih device sesuai type BB anda, dan lingkaran paling bawah, adalah hasil kompres yang kita dapatkan, kemudian tutup BBHybridtools.


Langkah kedua kita akan kosongkan Device kita, Hubungkan Device BB kita menggunakan kabel data, lalu buka BBSak, tunggu sampai PIN kita kelihatan, lalu Klik Wipe Device, (lihat gambar di bawah ini).


Tunggu sampai proses wipe selesai. Setelah proses wipe selesai, Blackberry akan restart, dan kita jumpai screen blank putih, bertuliskan Error 507. Kemudian tutup BBSak.

Langkah selanjutnya adalah proses instalasi OS, buka File installer di C://Program/Common Files/Research In Motion/AppLoader, cari file Loader.exe. Kemudian klik file tersebut, Lihat gambar di bawah ini:


Klik Next, dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai, Device Blackberry kita akan restart. Pada saat restart pertama kali proses akan terhenti, lalu lepas batrey untuk hard reset, tunggu 5 menit, baru hidupkan kembali, proses restart akan terhenti di tengah jalan, lakukan hard reset yang kedua, dengan melepas batrey, kemudian tunggu kembali 5 menit, kemudian hidupkan kembali device Blackberry anda.
Proses Upgrade selesai, dan selamat menikmati OS 6 anda. dengan screenshot seperti di bawah ini:


Semoga bermanfaat, Demikian cara upgrade OS Blackberry dan akhir kata, MisterX sedikit merasa bingung, tapi gak munafik lagi seneng, karena blog yang sekian lama saya tinggal (hampir 6 bulan), ada sedikit kegembiraan yang saya dapat dari Mbah Google setelah Update Page Rank, sudah dikasih 4 oleh beliau :D
Have a nice day Friend

l
l
V

With Smile
MisterXWebz


ARTIKEL MENARIK LAINNYA DI BAWAH INI


Related Post:

10 comments:

  1. Waaahhh lama ga' ketemu makin canggih ajah nie mister...!! hasilnya setelah bertapa di Atas Gunung ya mister. hehehe.

    MOBIL KELUARGA IDEAL TERBAIK INDONESIA

  1. Joko Sutarto says:

    BB saya masih kena suspend Mas Didik jadi hanya bisa catet saja tips ini kalau suatu saat mebutuhkannya bisa saya pakai buat referensi.

    Oh, ya selamat PR-nya sudah naik kelas menjadi PR 4. :)

  1. Mantap infonya, tapi belum punya BB nih...

  1. Beben Koben says:

    BB-nya juga gak punya euy bos...xixixixi

  1. wah
    mantap pr 4,haha :D

    bb ya,,saya berhubung adanya hp butut
    jadinya lewat saja,hehe :D

  1. Unknown says:

    Wah kapan ya bisa punya BB :)

  1. Diary Osi says:

    sayangnya ku bkn pengguna BB :P... tq 4info

  1. Mampir lagi nih...sudah ditinggal 6 bulan, tapi PR naik jadi 4...wah, mantap tuh!

  1. Joko Sutarto says:

    Oh, ternyata saya sudah pernah baca artikel ini dan malah ninggalin komen juga. Kok bisa lupa saya? Hi...Hi...
    Thanks Mister. Saya akan coba :)

Leave a Reply

Bro and Sist Tulisan diatas jauh dari sempurna, Hanya Komentar saran dan kritik membangun dari Bro & Sist yang bisa menyempurnakan. Jika anda tidak memiliki blog, gunakanlah Name & Url, Isi dengan Profil Facebook/Twitter, sehingga saya bisa menyapa anda Thanks

POPULAR POST

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Comments




blogarama - the blog directory blog-indonesia.com Bloggerian Top Hits Blogger Topsites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog search directory Aplikasi java, software komputer, Opera mini, Bolt, Tip dan triks Hobbies Blogs - Blog Rankings The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Blog Directory & Search engine Top Show all blogs Free Automatic Backlink Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Links
RSSMicro FeedRank Results


free counters

Leave The Massage







Download MP3

Friends Update List