Home | Follow Me on Twitter | Our Facebook

Tips mengatasi Batre Laptop Not Full Charge 100% (Acer Aspire 4520 & Aspire One Pro)


Dirumah, saya mempunyai 2 buah Laptop, yang pertama Acer Aspire 4520, dan Notebook Aspire One Pro.
Kedua-duanya saya beli second hand alias bekas, kebetulan ada teman butuh uang, dan lebih kebetulan ada rejeki sehingga saya ambil kedua-duanya.
Kemudian Laptop yang besar saya pakai mobile ke mana-mana, untuk mengerjakan tugas, kantor atau hanya sekedar ber online ria. Yang kedua yang kecil tentunya, dipakai anak saya yang berumur 8 tahun, tentu saja ber game ria :D, baik game offline maupun online di Facebook.
Permasalahan muncul, ketika saya melihat pada saat di pakai, padahal charge sudah tertancap dengan benar. Sebelumnya saya melihat laptop / notebook teman ketika sama-sama memakai batre dapat ter charge secara full 100%, tapi kenapa punya saya kedua-duanya tidak bisa, walaupun sudah dipakai seharian, 60% charged, :(.
Akhirnya jurus andalan saya keluarkan, menghubungi Mbah Google tentunya, :D
Putar balik search, yang saya dapat Auto Blog, :(, sangat menyebalkan !!!!
Seperti pepatah lawas, mengatakan, "rawe-rawe rantas, malang-malang putung", Tetap semangat !!! akhirnya saya temukan, tapi sayang saya lupa link tersebut, dari pada mengingat-ingat lebih baik saya bagikan kepada teman-teman semua.
Batre Laptop tidak bisa ter charge 100%, ternyata permasalahan ada di BIOS Laptop tersebut. Apakah BIOS? Menurut Mbah Wiki :

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
Memuat dan menjalankan sistem operasi
Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Apa hubungan antara BIOS dan batre? saya juga tidak tahu persis, karena saya juga tidak begitu menguasai masalah hardware, yang jelas, langkah yang diambil adalah Meng update BIOS yang ada dengan versi yang lebih tinggi.
Kebetulan Laptop yang Acer, jadi saya langsung meluncur ke Official Websitenya, untuk mendownload Update Biosnya.

Acer Aspire 4520 di sini

Aspire One Pro di sini

Important
Update Bios di atas saya gunakan untuk OS Windows 7 Ultimate, jadi sesuaikan dengan Operating system yang anda gunakan.

Setelah download selesai, lakukan eksekusi file, dalam keadaan charge tertancap, problem resolved :D. Sekarang kedua-duanya bisa full charged 100%.
Indah berbagi untuk teman-teman.
Salam.

Related Post:

4 comments:

  1. Fresh Post says:

    apa ini bisa juga di laptop lain yah mas?

  1. Joko Sutarto says:

    Laptop kita satu marga, Mas. Punya saya Acer Aspire 4315. Saya belum pernah ada problem begitu. Eh, ada hubungannya, ya problem full charge dengan BIOS-nya? Saya baru tahu sekarang.

    Problem laptop saya saat ini adalah bateraynya sudah drop jadi kalau menyalakan laptop selalu stecker chargenya harus tertancap ke listrik. Mau saya ganti bateraynya, pernah nanya ke Acer hampir sejuta jadi wurung beli saya. :)

  1. wah sayangnya aq belum punya lepi mas, masih nabung dulu, tp sip buat referensi, oy ada tag buat sampean jika berkenan >> http://www.rizkyzone.com/2011/05/tag-fun-blogger-from-shudaiajlani.html

  1. Beben Koben says:

    idem ma rizkyone...blon ada laptopnya :D

Leave a Reply

Bro and Sist Tulisan diatas jauh dari sempurna, Hanya Komentar saran dan kritik membangun dari Bro & Sist yang bisa menyempurnakan. Jika anda tidak memiliki blog, gunakanlah Name & Url, Isi dengan Profil Facebook/Twitter, sehingga saya bisa menyapa anda Thanks

POPULAR POST

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Comments




blogarama - the blog directory blog-indonesia.com Bloggerian Top Hits Blogger Topsites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia blog search directory Aplikasi java, software komputer, Opera mini, Bolt, Tip dan triks Hobbies Blogs - Blog Rankings The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Blog Directory & Search engine Top Show all blogs Free Automatic Backlink Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit Yahoo bot last visit powered by  Bots Visit Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Links
RSSMicro FeedRank Results


free counters

Leave The Massage







Download MP3

Friends Update List